Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempunyai macam-macam tombol serta memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada penekanan tombol yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan keinginan kita.

Nah, kita sudah mengetahui Pengertian Keyboard di atas. Berdasarkan pengertiannya kita dapat mengetahui fungsi daripada keyboard yaitu untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melaksanakan pengolahan data menggunakan perangkat lunak.

FUNGSI KEYBOARD

Selanjutnya, kita bahas fungsi daripada keyboard berdasarkan tombol-tombolnya. Berikut penjelasannya.
•    Keyboard berdasarkan tombol ketiknya dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di Monitor Komputer kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf yang ada di dalam komputer.
•    Keyboard berdasarkan tombol kontrolnya dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol WINDOWS+E maka dapat membuka jendela explorer.
•    Keyboard berdasarkan tombol fungsinya pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan F2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
•    Keyboard berdasarkan tombol alternatenya memiliki tombol seperti ENTER, ESC, TAB dan ALT fungsi dari tombol-tombol itu sangat berguna pada dokumen dan pengoperasian komputer.
•    Keyboard berdasarkan tombol navigasinya terdapat tombol PAGE UP dan PAGE DOWN yang fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan layar ke bawah dan tombol. Ada juga tombol HOME dan END yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal atau akhir kalimat.
•    Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi Keyboard yang perlu kita ketahui, namun Saya hanya mendefinisikan Keyboard ini sebagian. Untuk tombol yang lain Anda bisa mencobanya dengan cara trial, nanti juga Anda bisa mengetahui fungsi tombol keyboard tersebut.

 

Tag(s) : #Komputer

Share this post

Repost0